Cara Flash Lenovo A316i yang Mati Total atau Invalid IMEI

Once upon time, ponakan ane lagi stress muter sambil guling-guling gak karuan dilantai. Tak berapa lama pun, dia diam setelah ane perhatikan trus ane tanyai "Ada apa kok ampe gitu ?". Ponakan ane bilang kalo hh atau smartphone nya error. Dari pikiran ane memikirkan, tuh handphone sekolah dimana ya ampe dapat gelar smart. Ane aja yang dah kuliah ampe s2 belum dapat gelar smart. Trus ane nyoba ngecek error nya dimana. Utak atik selang beberapa jam akhirnya ane nemu masalahnya. Nih hh ga bisa internetan padahal paket data masih ada. Trus ane cek ulang ternyata IMEI nya hilang atau invalid, cara ceknya tekan *#06# trus dial di hh agan.

Solusinya, adalah melakukan flashing. Karena ilmu ane belum cukup, ane googling tuh selama tiga hari tiga malam dan melakukan experimen. Beuh bukannya sembuh tuh hh, eh malahan matot alias mati total. Kemudian ane cari dari referensi di yusuf (youtube) dan nemu cara ampuh untuk membetulkan hh lenovo A316i yang matot. Berikut caranya gan, mohon diikuti dengan seksama dari awal sampai akhir. Jangan diloncat-loncatin kalo baca, soalnya kalo salah hh tetap akan matot.

Tutorial cara flash hh lenovo A316i yang matot atau invalid IMEI :
     
    Bahan-bahan yang diperlukan :
    1. Driver MTK65xx
    3. Stock ROM lenovo A316i (password untuk  file .rar : localtechno)

  1. Install MTK65xx Driver
  2. Matikan hh dan lepas baterainya
  3. Run SP Flash Tool v5.1352.01
  4. Load MT6572_scatter_ph_globe_A316i_US_MPV1_A34_140116.txt di folder target_bin dimana tampilannya seperti berikut :


















         Optional 1 :
         Optional Format (jika hh bootloop atau imei/baseband hilang)
         Klik tab Format
        centang auto format flash
        centang format whole flash
        klik start

         Optional 2 :
         Optional Download (Jika bootlop biasa/normal flash)
        centang pre-loader jika sebelumnya dilakukan format flash yang dilakukan pada Optional 1
         jika tidak melakukan format flash Optional 1, maka hilang kan centang pada pre-loader.
         klik donwload

        Berikut merupakan tambilan ketiak proses tombol download di tekan
       
         tunggu hingga semua proses loading selesai (progress bar warna ungu)

    6.  Colokkan usb dari komputer ke hh
         jika tidak terdeteksi, tahan tombol vol down atau vol up
    7.  SP Flash Tool akan mendeteksi hh dan melakukan eksekusi
    8.  Tunggu hingga ada pop up lingkaran hijau yang artinya sukses
    9.  Tekan tombol power di hh, dan tunggu bootingnya. Untuk awal memang agal lama sekitar
         8-12 
menitan.

Semoga sedikit dari pengalaman ane tadi bisa membantu memperbaiki hh lenovo A316i kalian semua yang invalid IMEI atau mati total.

10 comments:

  1. gan ... link flashtoolnya ndak bisa dibuka....

    ReplyDelete
  2. gan flash sukses saya ikuti step by step di atas tapi ko tetap bootlop mentok di logo terus,di charger icon batrei tidak gayang tapi kayak hang gtu

    ReplyDelete
  3. Tutor payah.. Jgn di ikuti.. Hp gua malah mati total.... Fuck!!

    ReplyDelete
  4. MATI TOTAL!!!
    TRUSTED!! TO KILL SOMEONE'S PGONE!!!

    ReplyDelete
  5. ente dah ngikuti tutorialnya secara runtut belum, kalo ndak runtut dan komen MATOT mending ente g usah komen gan

    ReplyDelete
  6. ane make cm.12.1 unofficial . Sebelum matot hp hang trus ane pencet vol up + power. Habis itu matot. Di charge ngga mau masuk. Ane udah ngikutin tutorialnya secara runtut . Tapi tetep matot Gan. Ada solusikah?

    ReplyDelete
  7. ane make cm.12.1 unofficial . Sebelum matot hp hang trus ane pencet vol up + power. Habis itu matot. Di charge ngga mau masuk. Ane udah ngikutin tutorialnya secara runtut . Tapi tetep matot Gan. Ada solusikah?

    ReplyDelete
  8. ane make cm.12.1 unofficial . Sebelum matot hp hang trus ane pencet vol up + power. Habis itu matot. Di charge ngga mau masuk. Ane udah ngikutin tutorialnya secara runtut . Tapi tetep matot Gan. Ada solusikah?

    ReplyDelete